Kamis, 29 Desember 2016

Suamiku, Aku Malu dengan Perempuan Allepo

Suamiku...
Betapa beruntungnya menjadi pendampingmu.
Penuh sabar dan ikhlas engkau membimbingku.
Tak pernah ada kasar dan hinaan sedikitpun keluar darimu.
Semua ekpresi rasa sayang dan cinta setiap hari tercermin dari sikapmu.
Betapa beruntungnya aku dari mereka perempuan Allepo.
Mereka pasti merasa lebih bersyukur memiliki suami kasar dari pada menjadi tawanan tentara setan yang biadap.  Diperkosa berulang kali. Bahkan mereka yang sedang hamilpun tak bisa luput.  Padahal kehamilan itu pun hasil dari perkosaan pula.

Betapa beruntungnya memilikimu. Mereka perempuan Allepo lebih baik tak bersuami seumur hidup mereka.  Daripada bertahun-tahun menjadi mangsa nafsu setan hingga detik ini.

Nikmat apa yang harus ku dustakan menjadi istrimu?. Kau cukupi aku dengan nafkahmu,  kau kasihi aku dengan cintamu.  Sedangkan Mereka perempuan Allepo, jikalau bunuh diri bukan suatu dosa besar maka mereka semua pasti lebih memilih mati.

Tak ada alasan, tak ada alibi satupun yang mampu membenarkan aku untuk tidak patuh padamu.  Betapamu perbedaan dan kekurangan kita terkadang menimbulkan perselisihan.
Namun saat aku merenung.  Aku malu dengan mereka perempuan Allepo.
Andai mereka tahu,  mereka pasti murka. Karena lebih baik mereka bersabar 1000 kali sabar bahkan tanpa berbatas menghadapi dan melayani suami mereka. Dibandingkan keadaan mereka sekarang. Harus menjadi budak nafsu makhluk terlaknat.

Maafkan aku suamiku.  selama ini aku sering kali berwajah muram dihadapanmu.

Maafkan aku suamiku.  Nada suaraku pernah melebihi nada suaramu

Maafkan aku suamiku. Kelelahan kadang membuatku sulit tersenyum didepanmu.

Ke depan,  aku akan berusaha.  Se-lelah apapun diriku
Semarah apapun diriku
Aku akan tetap mematuhimu

Dari istrimu terus belajar berakhlak sholeha.

***

Tulisan diatas langsung mengalir keluar begitu saja sesaat setelah selesai membaca status beliau dibawah ini. Ada rasa luka dan malu yang menjalar keseluruh aliran darahku.  Luka karena saudariku begitu menderita. Malu karena hidupku jauh dan jauuuhhh dari bersyukur. Tiap membaca tulisan dibawah,  selalu berdebar dan menahan tumpahan air mata. Walau pada akhirnya aku tetap tak bisa menahanya.

***

(Dari FB Iwan Triady)

WAHAI AHLUS SUNNAH, JIKA KALIAN TIDAK BISA MENOLONG KAMI,
MAKA SETIDAKNYA KIRIMKANLAH PIL (OBAT), AGAR KAMI TIDAK HAMIL...😭😭😭😭😭

Bismillah,

Kisah menyedihkan dari  penjara rezim Basyar fasad...

Kisah seorang ibu Suria yang sebelumnya menjadi tawanan di penjara milik rezim basyar fasad...
umurnya sekitar 50 tahun dan alhamdulillah sejak 2 hari yang lalu telah dibebaskan dari penjara rezim basyar fasad...

Diantara yang diceritakan oleh ibu kita dan ini sebagaimana yang beliau lihat dan saksikan di dalam penjara yang mengerikan...

Ibu ini bercerita bahwa di dalam penjara rezim basyar fasad, aku melihat sesuatu yang belum pernah dilihat mata dan didengar oleh telinga !
Aku ceritakan kepada kalian dengan harapan, semoga muncul (semisal) Kholifah Mu'tashim Billah رحمه الله تعالى  (yang mendengar teriakan permintaan tolong seorang muslimah dan langsung tergerak menolongnya !

Ada sekitar 30 wanita muda yang diperkosa di depan mataku dan lebih dari 30 wanita terpaksa menjadi ibu karena di perkosa dan lebih dari 30 wanita dalam keadaan hamil dan di dalam perutnya ada bayi yang dikandung dari hasil pemerkosaan juga !
Sebagian besar mereka telah mendekam dipenjara selama 2 sampai 3 tahun dan dipaksa menjadi ibu dari 2 / 3 anak, hasil dari pemerkosaan !
Mereka mengandung di penjara kemudian melahirkan di tempat yang sama !
Tidak ada dosa mereka kecuali karena  tertuduh mendukung Pejuang Suria...

Demi Allah !
Mereka tinggal di penjara yang dihuni oleh para penjahat busuk alias tentaranya rezim basyar dan tentara tentara ini telah berubah menjadi hewan buas yang tidak mengenal peri kemanusiaan dan rasa belas kasian sedikitpun !
Kapan saja nafsu syahwat hewaninya datang, langsung mengambil wanita yang mereka sukai dan dengan paksa memperkosanya !

Demi Allah !
Wahai para pemimpin !
takutlah kalian kepada Allah dari setiap doa yang dipanjatkan wanita wanita yang dipenjara itu, jika Allah mengabulkan doa doa mereka, niscaya akan berakibat (tubuh kalian dan anak anak kalian) akan terpotong potong !

Demi Allah !
Kalau umurku 20 tahunan tentu aku tidak akan pernah keluar dari penjara mereka !
Aku keluar dari  (penjara) dan  para wanita tersebut berwasiat kepadaku untuk mengirimkan  pesan ini....
Lihat...anak anak yang tidak tahu bapaknya dan pemerkosaan yang tidak pernah berhenti !

Barangsiapa membiarkan hal ini terjadi maka Allah sebagai musuhnya dan hanya kepada Allah tempat berkeluh kesah...
Dan barangsiapa yang tidak ridho dengan semua ini maka semoga Allah selalu bersamanya dan menjadi penolongnya !

Takutlah kalian kepada Alloh dengan tanggung jawab kalian terhadap kondisi saudara muslimah kita disana !
Dan beliau mengakhiri kisah ini dengan tangisan yang menyentuh kalbu !

Betapa dahsyatnya sakit yang dirasakan oleh ibu kita ini ketika keluar dari penjara dan lebih sakit lagi ketika masih di dalam penjara !
Cukuplah Allah sebagai pelindung kami dan Allah sebaik baik penolong.

(sumber : Ust Abu Sa'ad Muhammad Nurhuda, Relawan Indonesia, Peduli Muslim untuk Suriah)

Maafkan diriku wahai saudara saudariku..
Aku pernah mendengar seorang ustadz yang berceramah bahwa saudari saudari kita disana diperkosa terus menerus semua perempuan muda.. sampai sampai mereka berteriak, "WAHAI AHLUS SUNNAH JIKA KALIAN TIDAK BISA MENOLONG KAMI, MAKA SETIDAKNYA KIRIMKANLAH PIL(OBAT) AGAR KAMI TIDAK HAMIL"

Sungguh biadab sekali perbuatan orang orang Syiah dan yang membantu mereka,
Tentara Basyar memperkosa perempuan perempuan didepan ayah ayah mereka, ayah mereka diikat dikursi dan disuruh menyaksikan anaknya diperkosa oleh tentara Basyar..

Ya Allah sungguh hati ini sangat sakit, tapi aku hanya bisa diam saja dan tak mampu menolong mereka..

dan berita berita yang baru ini yang saya baca dari aktifis suriah Muslim Humanitarian bahwa saudari saudari kita disana TIDAK SANGGUP RUKU DAN SUJUD UNTUK SHOLAT KARENA TULANGNYA SAKIT AKIBAT BERTUBI TUBI DI PERKOSA SECARA BIADAB..

Banyak sekali dari perempuan di suriah meminta fatwa untuk dibolehkannya bunuh diri walaupun ulama tetap tidak membolehkannya..
Diantara mereka ada yang loncat dari ketinggian, ada lagi yang menggunakan pisau untuk bunuh diri dan ini baru berita kemarin yang saya baca dan disitu ada foto wanita yang baru terjun dari ketinggian...

Ya Allah...

Terlepas dari hukum haram bunuh diri..
Tetapi ya Allah..Ampuni mereka, ampuni saudari saudariku yang mereka bunuh diri karena itu.. ampuni mereka ya Allah, jangan Engkau hukum mereka karena itu.. ampuni ya Allah.. Sungguh Engkau Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang maka ampunilah mereka dan sayangilah mereka ya Allah..

Aku merenung, merasa bersalah. Ya Allah... sungguh aku malu tak bisa menolong kalian...
Maafkan aku wahai saudari saudariku..
Maafkan aku karena tak bisa menjaga kehormatan kalian, maafkan... maafkan aku wahai saudariku...
Maafkan aku yang tak bisa menjaga kemuliaan kalian.. maafkan..

Ya Allah, Janganlah engkau mengadzabku karena ketidakmampuanku menolong mereka...
Ya Allah masukkanlah mereka semua ke surga FirdausMu ya Allah.
Ya Allah teguhkan hati kami dan hati mereka pada agamaMu..

Mungkin aku dan mungkin kita yang seharusnya meminta ampun kepada Allah karena tak bisa menolong mereka, padahal kita tau, kita mendengar...

Wahai saudara saudaraku bantulah mereka dalam doa doa kalian dalam sujud kalian, dalam doa kalian disepertiga malam, di tahiyat akhir kalian, di doa antara adzan dan iqomah, di saat hujan, dalam doa kalian setelah ashar sampai sebelum maghrib di hari jum'at, doa pada saat puasa, saat menjadi musafir.. doakan mereka wahai saudaraku.. doakan pada waktu yang mustajab..
Untuk yang menjadi imam di masjid yang kalian tinggal, maka lakukanlah Qunut Nazilah pada sholat fardu.

Wahai saudara saudaraku yang mempunyai harta berlebih sumbangkanlah wahai saudaraku walaupun sedikit, semoga harta itu menjadi saksi bahwa kita telah berusaha membantu..

Ya Allah aku telah sampaikan ini Ya Allah..
Kalian yang membaca ini sebagai saksi di hari Kiamat nanti untuk hujjahku dihadapan Allah jika Allah menanyakan kepadaku mengapa aku tak membantu sauadara yang terzholimi..
Ya Allah, mungkin ini usaha yang sangat kecil tapi terimalah usahaku..

HasbunAllah wa nikmal wakiil ....
Oh Allah Ampuni kami atas ketidak kuasaan kami menolong mereka Saudara kami...

{ابكي على شام الهوى}

Saudaramu yang semoga Allah mengampuninya...

Pembunuh pembunuh saudara kita di suriah adalah orang orang syiah dan yang membantu mereka komunis dan liberalis.

#SyiahbukanIslam

Bakso Damas, kuliner wajib saat mudik ke Malang.


Emm... Siapa sih yang nggak kenal Kota Malang.  Kota dengan banyak kekhasannya.  Mulai  "Arema" komunitas bolanya,  apelnya , kulinernya dan lain sebagainya.


Malang menjadi kota spesial di sudut hatiku. Bagaimana tidak sahabat,  suamiku si belahan jiwaku asli dari sana. Dan disana juga pertama aku merantau dari tanah kelahiranku. Disana pula aku mengenal dunia lain selain pulau borneo. Beribu alasan yang tak bisa ku dustakan untuk menjadikan Malang begitu spesial. Ahh fokus sama judul sari: Bakso bukan malah kenangan. Hehe

Okey,  to the point dah.  Pokoknya ya tiap kali mudik ke Malang.  Baik libur lebaran atau tidak.  Kami wajib konsumsi kuliner bulat bulat dan sedap ini.  Terutama bertandang di Warung Bakso Damas yang berada di Jalan Sukarno Hatta no.  70. Kalau dari Universitas Brawijaya, warung Bakso Damas berada disisi kiri sebelum pertigaan perumahan Permata Jingga.



Trus apa sih spesialnya Bakso Damas ini?. Jelas spesial.  Pasti spesial. Seantero Malang (setahuku ya..) nggak ada Bakso selengkap ini.  Ada belasan tambahan menu bakso.  Sayangnya aku nggak menghitung.  Tuh liat aja difoto.
Ada siomay goreng,  mie bulat kering goreng,  gorengan udang, jeroaan,  telur puyuh,  mie kuning,  bihun,  bakwan,  lontong,  dan banyak lagi yang aku nggak ngerti namanya tapi tahu rasanya. Oh iya,  disini seperti prasmanan. Kita ambil dan pilih sendiri lo..




Buat anak UB,  bakso Damas pasti familiar. Aduh kalau dibayangi pengen kesana lagi. Huhu..

Oiya,  belum bahas baksonya ya.  Emm kalau baksonya itu ya lembut dan kenyal digigit,  mantap dilidah,  pastinya bikin nagih. Kuahnya juga pas bingit. Ada juga bakso isi telur puyuh dan bakso  urat serta bakso big size.
Ngomongin harga,  jelas lebih miring dari bakso bapak kepala negara.  Disana enak juga cuma kurang banyak menu tambahannya.  Selain itu,  suka deg-degan kalau lagi gigit bakso trus si kereta lewat.  Wuih kaget man.  Tapi disana recommend  juga lo.  Cuma Bakso Damas tetep no.  1 deh dihatiku.  Selain enak, bakso Damas Sukarno  Hatta banyak menyimpan kenangan bersama teman-teman semasa kuliah dulu.

Kemaren pas makan  disana,   kami bertiga makan tidak lebih dari 50ribu. Udah sama minumnya. Aku memang nggak ambil banyak.  Ssst.. Diet. Jadinya aku hanya ambil 3 bakso sedang, tahu goreng,  mie kuning,  bihun.  Anakku ambil 2 bakso sedang dan 1 bakso besar. Kalau Suamiku, aku lupa dia ambil apa aja.  Yang jelas mangkoknya penuh bakso dan serba serbi gorengan.

Udah itu dulu aja ya ceritaku.  Doain ya semoga aku rajin celoteh biar blogku update terus.
Bye.. Bye..


Minggu, 06 November 2016

Cumi Woku ala Bunaken



Assalamu'alaikum semua,

Cumi Woku ala Bunaken
(dok. periukbelanga.com)
Kali ini saya ingin berbagi resep salah satu makanan laut yang kaya nutrisi bagi tubuh. Bentuknya lonjong, memiliki tinta hitam sebagai senjata pertahananya, teksturnya kenyal dan mudah ditemukan di daerah tepi pantai. Apakah itu? That's right, cumi-cumi. 
Cumi-cumi (dok. periukbelanga.com)
Cumi-cumi merupakan komoditas yang berlimpang di Indonesia. Dimana Indonesia sebagai salah satu negara dengan pantai terpanjang di dunia. Jelas keberadaan cumi-cumi bukan hal langka. Eit, itu dulu. Sekarang populasi cumi-cumi mulai berkurang. Rahasia umum, akar masalahnya karena managemen pengelolaan laut tidak berjalan baik. Sehingga cumi-cumi yang beredar dipasaran berukuran kecil. Seperti di tempat saya tinggal. Mencari cumi-cumi ukuran besar tidak mudah. Untung-untungan. 

Tapi eh tapi teman, berlaku pengecualian bagi daerah yang satu ini. Sulawesi Utara. Tepatnya Minahasa. Semua pasti sudah tahu daerah ini terkenal dengan taman lautnya Bunaken (duhhh ngempet banget pengen kesana). Di Sulawesi Utara ini makanan laut bukan barang langka. Disana kaya sekali dengan komoditas perikanannya seperti cumi-cumi. Bahkan cumi-cumi diolah menjadi makanan favorit khas Sumatera Utara.

By the way anyway busway, sudah pada tahu belum apa itu woku?. Woku terdiri dari woku belanga yang dimasak dengan panci dan woku daun yang dimasak menggunakan daun woka. Bumbu dapur yang biasa digunakan memasak woku adalah kemangi, daun jeruk, daun pandan, kunyit, serai, daun bawang, tomat, cabe rawit, jahe, bawang putih dan bawang merah. Nah kali ini saya akan membuat cumi woku ala-ala. Kenapa ala-ala? Hehe..maklum bumbu yang digunakan seadanya. Walaupun tidak lengkap tidak apa-apa disebut woku ya. Dan ala bunaken sebagai harapan bisa menyelam disana.huhu... Kesimpulannya kita sebut cumi woku ala bunaken ya.

Alhamdulillah saat saya berbelanja mendapatkan  cumi-cumi berukuran lumayan besar. Sehingga 3 ekor cumi sudah lebih dari cukup untuk keluarga kecilku. Daging cumi memiliki keunggulan tersendiri dibanding hasil laut lainnya yaitu tidak mempunyai tulang belakang. Sehingga mudah dalam pengolahannya serta mudah pula di konsumsi.

Bahan yang harus disiapkan
(dok. periukbelanga.com)

Bahan-bahan yang harus  disiapkan sebelum memasak Cumi Woku Ala Bhunaken adalah sebagai berikut:
- Cumi 
- kemangi
- bawang merah 10 siung (dibelah-belah besar)
- bawang putih 3 siung (diiris cincang)
- serai (remukan) 
- daun jeruk 3-4 lembar 
- cabe sesuai selera (remukan)
- tomat jika ada
- minyak goreng secukupnya
- garam

Cumi-cumi yang sudah dipotong
(dok. periukbelanga.com)

Pertama - tama bersihkan cumi-cumi dengan membuang kantong tintanya dan tulang lunaknya yang transparan. Bagi yang fun and happy dengan warna tintanya. Lebih baik tinta tidak dibuang. Karena tinta memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh. Salah satunya mengurangi pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh.

Masukan bumbu ke dalam wajan
(dok. periukbelanga.com)

Setelah cumi-cumi bersih, selanjutnya cumi-cumi dipotong melintang. Sehingga terlihat seperti lingkarang. Kemudian cumi-cumi langsung dimasukan ke dalam panci anti lengket dan ditutup sekitar 10 menit. Jika sudah tercium baunya. Selanjutnya tuang minyak goreng dan masukan bawang merah, bawang putih , serai, daun jeruk, cabe beserta garam. Aduk-aduk dan ditutup kembali selama 5 menit. 

Siap disantap
(dok. periukbelanga.com)

Jika sudah tercium baru harum masakan. Lanjut masukkan daun kemangi dan diaduk-aduk hingga daun kemangi agak layu. setelah itu matikan kompor dan segera pindahkan masakan ke wadah yang lain. Masakan Cumi Woku ala Bhunaken siap di santap.
Mudah bukan? Yukz dicoba segera kawan.

Agar semangat masak dan makan cumi meningkat. Yukz simak keunggulan dan manfaat cumi yang dikemukan oleh Prof  DR. Made Astawan, Dosen Departemen Teknologi Pangan Dan Gizi IPB ialah sebagai berikut :

Tinggi Protein
Cumi-cumi merupakan sumber protein dan lemak tak jenuh bagi tubuh. Memiliki kandungan protein 17,9 g/ 100g cumi segar. Cumi mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam amino yang dominan ialah leusin, lisin dan fenilalanin.  Cumi-cumi juga mengandung asam amino non esensial seperti asam glutamat dan asam aspartat. Dua asam amino ini membuat taste masakan cumi terasa lebih sedap dan gurih. Sehingga  memasak cumi tidak perlu menambahkan MSG lagi. Cumi sudah mengandung penyedap alami.

Mineral dan Vitamin
Selain kaya protein, cumi juga mengandung mineral dan vitamin. Mineral yang terkandung seperti natrium, kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan selenium. Kandungan fosfor dan kalsium pada cumi berguna untuk pertumbuhan kerangka tulang pada anak-anak. Adapun jenis vitamin yang ditemukan pada cumi antara lain
vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B12, niasin,  vitamin larut lemak (A, D, E, K) dan asam folat yang baik untuk ibu hamil.

Lemak
Cumi mengandung tiga jenis lemak. Lemak jenuh, lemak tidak jenuh tunggal dan lemak tidak jenuh ganda seperti omega. Lemak tidak jenuh tunggal dan ganda sangat baik bagi pertumbuhan sel otak dan meningkatkan kecerdasan. Disamping itu bagi penderita kolesterol, mengkonsumsi cumi berlebih tidak disarankan karena kandungan kolesterol cumi terbilang tinggi. Tapi masih relatif lebih rendah dibandingkan dengan kuning telur, hati, jeroan, serta otak hewan ternak. 


Semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum 

#JelajahGizi
#JelajahGiziMinahasa
#SariHusada
#NutrisiUntukBangsa















Sabtu, 29 Oktober 2016

Memanjakan Lidah suami dengan Botok khas Jawa

Assalamu'alaikum semua,

Sudah lama ngempet pengen posting tentang masakan. Tapi selalu mikir. Lah masakanku rasanya kan pas- pasan. Kok ya sok gaya mau nyebar resep. Eh jadinya maju mundur deh. Nah kali ini nekat aja dah share resep dan sedikit tips buat sahabat yang berkarir diluar rumah.

Seperti di judul. Percayalah, saya beneran bikin botok jawa bukan botok orang melayu yach. Botok melayu beda banget dah. Kapan-kapan deh saya share tapi nggak janji. Hihi
Botok Jawa *dok.  periukbelanga.com

Bagi kamu-kamu yang pengen memanjakan lidah suami (jika suaminya orang jawa seperti akyuh) tapi aktivitas kamu sebagai wanita karir seakan menghalangi. Dan berakhir dengan "ribet ahh, pake kelapa parut, daun pisang dan dikukus segala mending beli". Eit, jangan-janganlah kau menyerah.  Semua bisa disiasati. Selagi punya niat. Ini saran aja ya. Tidak boleh protes. Haha

Persiapan : 
Pertama-tama, siapkan bahannya. Nggak usah pake takaran ya cukup pake perasaan.
Bahan:
1. Tempe yang diremukan
2. Kelapa parut
3. Teri
4. Petai cina
5. Daun pisang

Kamu bisa belanja sepulang kerja atau kapanlah gitu ya, sesempatnya.  Semua bahan bisa segera dibeli dan disimpan lama (:baca beberapa hari) kecuali petai cina yang mudah menghitam, kelapa parut mudah teroksidasi alias basi dan daun pisang yang gampang mengering karena respirasi tapi masih bisa kalau disimpan sehari dua hari. Kalau Tempe bisa disimpan di freezer.

Misal nih sudah ditentukan jadwal menu besok malam botok jawa. Nah, paginya atau sebelum pagi gitu. Persiapkan semua bahannya. Terus, semua bumbu dibawah ini dikupas dan dibersihkan kecuali bawang merah. Saya tidak menyarankan. Jika ada waktu bisa sekalian dihaluskan dan di simpan di freezer. Nanti sore tinggal nyampur aja. Oia di freezer ya bukan di kulkas bagian pendinginnya. Karena ada bawang merahnya. Saya belum menemukan sih, penelitian bawang merah bisa menyerap virus  atau bakteri disekitarnya seperti copas-copasan yang beredar. Lanjuttt

Bumbu yang dihaluskan :
1. Bawang merah
2. Bawang putih
3. Merica
4. Kencur
5. Kemiri
6. Ketumbar
7. Jahe secuil
8. Cabe merah
9. Garam
10. Sedikit gula pasir 

Botok jawa siap dikukus *dok periukbelanga.com


Let's Go to work deh..pulang kerja cari bahan yang kurang. Sampai dirumah bisa langsung campur dan aduk-aduk deh. Trus, bungkus nggak nyampe 10 menit jadi dah. Kecuali masak untuk 10 orang ya. 

Cara membuatnya bisa seperti ini :
Tempe dicampur dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Kemudian tambahkan parutan kelapa, campur sedikit demi sedikit hingga merata. Selanjutnya tambahkan teri dan petai cina. Aduk hingga tercampur semua. Terakhir, bungkus dengan daun pisang dan langsung dikukus 10-15menit. Jadi deh..simple kan? 


Oiya, kalau pengen bikin sekalian banyak untuk besok. Bisa dengan menyimpang botok yang belum dikukus ke freezer. Besoknya tinggal ngukus deh.
SELESAI

semoga bermanfaat ya
Wassalamu'alaikum 









Kamis, 27 Oktober 2016

3 Alasan remeh Mengapa IRT seperti Saya Harus Ngeblog

Assalamu'alaikum semua, 
Blogger 

1. Sumpek
Jujur awal mulanya saya ngeblog berawal dari sumpek, uring-uringan dan jenuh. Pada dasarnya saya orang yang tidak suka hal monoton. Nah, udah taukan jawabannya kenapa sumpek. Yupp betul, IRT dengan rutinitas yang itu-itu aja. Bangun tidur, nyiapin sarapan seisi rumah, ngerawat bocil, nemenin bocil bermain, berikutnya menyelesaikan all about pekerjaan domestik. Maklumlah masih mahmud. Jadi histori zaman kuliah begitu melekat. Sehingga sulit deh membuang kebiasaan aktivitas diluar rumah. Dulu aktivis kampus yang doyan wira wiri sana sini urus ini urus itu. Dalan sehari bisa ke banyak tempat, bisa bertemu banyak orang yang berbeda. Eh setelah menikah dan menyelesaikan study. Harus mendekam dirumah dengan pekerjaaan yang monoton dan tiada habisnya. Hikz...

Dipuncak kebosanan ini, entah gimana ceritanya. Saya sudah lupa. Saat search di google mengenai despresi IRT. Eh tau gak? Ketemu blog mak @Rahmiaziza. Dengan headernya yang ngepas banget kondisi saya saat itu. Wahh langsung deh kepo. Satu persatu postingannya saya baca. Terutama mengenai aktivitasnya. Saat itu pengen komen. Tapi nggaku caranya. Tiap komen disuruh ngisi link web. Akhirnya no coment hanya penikmat sajo. Maaf ya mak Rahmi.

Dari blog mak Rahmi, saya mulai mengenal IIDN dan komunitas blogger. Dan seterusnya. Hingga akhirnya, mba Rahmi sekarang menjadi sahabat saya di komunitas GR.
Jazakallah khair mba Rahmi big hug for you

Habis nobar bareng blogger *dok. Mbak Wati

2. Teman Baru
Masih berhubungan dengan alasan pertama ya. Setelah wisuda, saya dan suami berserta bocil move on dari Jogya ke Semarang. Berhubung suami diterima kerja disini. saya minim Sekali teman. Cuma satu dua orang saja pada awalnya. Itupun kenal karena memang sahabat karib semasa kuliah di Jogja. Jangan tanya keluarga ya? Kami disini perantau murni. Nggak ada saudara satupun. Saudara besar kami di Jatim dan Kalbar. 

Alhasil, dipermulaan kehidupan kami di kota lumpia ini setiap harinya saya hanya berkomunikasi dengan suami dan anak saja. Sama tetangga sesekali saja bahkan jarang. Abis masih malu-malu meong.  Saya dengan karakter ceriwis dan senang bergaul. Begitu hampa galau gundah gulana harus menghadapi hari-hari tanpa variasi.

Nah dari blog lah. Saya menemukan banyak sahabat baru di Semarang. Terutama para GRes. Alhamdulillah, setiap mengikuti even blog. Teman tambah terus satu persatu. Bahkan temen blog saya ada yang rumahnya dekat banget dengan rumah saya sekarang. Siapa lagi kalau bukan mama Rara @IkaPuspita. Belum pernah mampir secara khusus sih. Kapan2 mampir ah. Tak rusuhi hihi..


3. Lebih Update dan senang-senang
Dulu semasa belum mengenal blog. Jarang banget deh update sosmed dan hangout. Buka sosmed paling cuma baca status orang, baca artikel-artikel yang nyangkut di beranda itupun sesekali. Sudah riweh dengan  perihal seisi rumah. Entah di dunia maya or nyata lagi heboh apa. saya  mesti tahu beritanya sudah basi. Kasiannya IRT kudet. 
Pengen hangout? Oh mak,,, ini butuh kesabaran. Menunggu Big Bos (:baca suami) meluangkan waktunya yang padat merayap tuh.

Dan itu semua goodbye, setelah saya berkumpul dengan para blogger. Infomasi begitu cepat datang, karena blogger dituntut update dan aktif didunia maya. Lagi mencari tahu suatu hal. Blogger mesti menjawab : "oiya, si itu pernah nulis deh". "aku pernah bahas itu diblogku". "seingatku, si mamat pernah posting" dan lain lain.

Hangout? Jangan ditanya. Gegara ngeblog. Hangout itu begitu mudah. Kalau Nggak ada yang antar? Nggak masalah. Temen-temen Gres saling bahu-membahu dan jemput-menjemput selagi satu arah perjalanan. Senengnya tuh disini. Apalagi bisa ngumpul bareng blogger ditempat-tempat kekinian trus jepret-jepret. Ditambah bisa mengali ilmu bareng blogger senior dan nobar blogger. Asyik pokoknya dan banyak lagi hal baru dan seru lainnya. 

Oia, siapa sih orang yang pertama mencetuskan blog? 
Buat apa? 
Cuma mau bilang, makasiii banyaaakkk gara-gara dia hidupku penuh warna.

SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL

Semoga para blogger nasional mampu membawa Indonesia lebih baik, bermartabat dan berjaya

SALAM BLOGGER

Spesial for me:
Semoga diriku semakin termotivasi produktif menulis dan merawat si periukbelanga.com lebih rajin

Wasalamu'alaikum

Kamis, 20 Oktober 2016

Wonderful Life Movie : Tiap Anak Pasti Ada Keunggulannya


Assalamu'alaikum semua,

Alhamdulillah Kamis kemarin 13 oktober 2016, saya dan teman-teman komunitas blogger di undang nobar perdana  wonderful life movie.



Ada yang spesial dari nobar kali ini lo. Saya mengajak si bocil ikut serta
dan ini pertama kalinya bagi bocil masuk ke dalam bioskop. Sebelum nonton terlebih dulu saya mengkondisikan bocil. Maklumlah si bocil menjelang 3 tahun. Masa aktif aktifnya kan. Jadi ada tarohan bakalan nggak bisa khusyuk nonton nih hihi. Tak apalah yang penting ada pengalaman berkesan bagi si bocil nonton bareng emaknya.  Lagian filmnya mengenai anak. Jelas aman dikonsumsi anak-anak.

Respon pertama bocil, "Tipinya besarrr anget".  Alhamdulillah dia nonton dengan tenang. Saking asyiknya menonton si bocil sampe nggak mau sandaran. Duduknya tegak terus padahal dipangku tuh. Haha...ini anak baru nemu bioskop. 

Diangkat dari kisah nyata. Wonderful life,  sesuai judul filmnya. Kehidupan itu sungguh mengagumkan andai kita tahu memaknai dan memahami lingkungan dan keadaan di sekitar kita.  Umi Aqil yaitu Amalia yang diperankan oleh Atiqah.  seorang wanita karir yang sukses sebagai CEO di perusahaan advertising. Memiliki karakter tegas, dan perfeksionis. Namun, Amalia kurang memahami kondisi anaknya.  Amalia tidak menyadari bahwa kemampuan Aqil membaca dan menulis yang kurang baik dari anak pada umumnya bukanlah karena dia bodoh atau malas belajar. Saat Aqil disuruh belajar malah mengambar. Amalia dengan begitu banyak deadline pekerjaannya semakin  risau menghadapi kondisi Aqil. Belum lagi tekanan dari kakek Aqil yang menganggap bahwa Aqil itu sakit.

Akhirnya Amalia mengetahui bahwa anaknya Disleksia. Tapi saya tegaskan Disleksia bukan penyakit dan bukan keterbelakangan. Anak dengan disleksia umumnya malah memiliki kemampuan yang luar biasa dibidang tertentu. Seperti Aqil yang sangat berbakat dalam mengambar.  Terbawa emosi saat Kakek Aqil mengatakan bahwa Aqil itu sakit dan saat besar nanti tidak akan berguna. 

Saya jadi teringat kakak kelas saya sewaktu SD dulu. Setahu saya dia terkenal sangat lemah di hampir semua mata pelajaran. Kecuali Olah raga.  Loh kok bisa tau? Ya bisalah. La wong Bapak saya yang cerita. Eh emang Bapak mu siapa? Gurunya. Hehe....
Saya tidak tahu kakak kelas saya itu, disleksia apa tidak. Yang jelas, dia yang dulu dianggap tidak pintar. Sekarang malah mengharumkan nama Indonesia dan kampung halaman kami. Siapa dia? Daud Jordan. Petinju kelas dunia. Guru-guru yang dulu mengeluhkan dia, sekarang berbalik bangga. Begitulah kurang lebih kata Bapak. 

Nah, seperti itu pula Aqil. Dia tidak pintar di beberapa mata pelajaran. Tapi dengan kemampuannya mengambar, saya yakin dia pun bisa mengharumkan tanah airnya. Di dunia nyata, Aqil bahkan akan melakukan pameran tunggal. 

Anak itu tidak bisa dikatakan tidak berguna hanya karena dia lemah di berbagai mata pelajaran. Yakinlah pasti dia memiliki kelebihan yang luar biasa pada suatu bidang. Tinggal PR orang tua untuk menstimulasi bakatnya. 

Ada hal yang paling mengena. Saat aqil memeluk uminya dan berkata  "Aqil sayang umi".
Saat itu juga, saya langsung bertanya pada bocil. "Abang syiraz sayang sama umi?". Jawabnya " sayang". " makasi ya nak udah sayang sama umi". Jawabnya "he-eh" dengan ekpresi ceria dan tatapan kepolosannya. Rasa saat itu hanya bisa bilang "Wonderful".
Tak ada yg membuat hati seorang ibu bahagia selain kebahagiaan anaknya.

Setelah Nobar langsung Narsis bareng Blogger Semarang


Jumat, 30 September 2016

Desa Bahasa Borobudur : Buktikan, Belajar Bahasa Inggris itu Mudah, Cepat dan Menyenangkan



Kedatangan kami disambut lantunan musik angklung 
*dok. periukbelanga.com


Assalamu’alaikum all,

Pernah merasakan tidak percaya diri mengikuti seleksi berbau akademik gara-gara Bahasa Inggris? Kalau jawabanmu pernah. Selamat, kamu sama seperti saya. Hehe..

Lingkungan hijau dan bersih, bikin makin betah *dok. priukbelanga.com

I And English
Semasa  kuliah strata satu, dosen pernah meminta saya untuk mengikuti kompetisi mahasiswa berprestasi tingkat Universitas. Eh, bukan ditawari tapi sedikit memaksa sih. Dan beliau salah satu jurinya. Namun, saya menyerah sebelum berperang. Sudah taukan jawabannya. Yupp, Karena seleksi full mengunakan Bahasa Inggris sedangkan conversation Bahasa Inggris saya pasif. Saking pasifnya, bahkan saya sangat jujur melafazkan kata perkata dalam Bahasa Inggris selayaknya Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, saya tidak ada nyali melawan mereka yang sudah cas cis cus.

Tidak hanya itu, saya juga pernah mengibarkan bendera putih saat di rekomendasikan dosen untuk apply scholarship untuk studi master.  Bahkan dosen menyarankan go foreign. Lagi-lagi, saya ciut di Bahasa Inggris. Akhirnya saya ambil kuliah master jalur beasiswa Orang tua dalam negeri. Semasa  kuliah juga, dosen pengampu thesis menitahkan untuk mengikuti seminar prosiding internasional. Nah loh,,, hati berkecamuk. Sebagai mahasiswa, keinginan sangat tinggi bisa berdiri di depan banyak orang dari berbagai Negara. Saat itu dalam pikiranku “aku harus ngomong apa?”. Oke presentasi bisalah ya. Tanya jawabnya?? Oh No. Nanti malah bikin malu dosenku. Kembali berkibar bendera putih. Kemudian, saya hanya mengikuti poster ilmiah internasionalnya saja. 

Di lain waktu, saya dan teman diminta dosen menemani dosen tamu dari Italia. Kami mengantarnya hingga ke kamar hotel. Eit, kok sampai kamar? tenang beliau perempuan hihi. Selama di mobil hanya beberapa patah kata yang bisa saya ucapkan, selebihnya saya cuma menjadi pendengar hikz. Begitu juga saat bertemu profesor asal Nederland, saya hanya senyum dan secuil sapaan. Padahal beliau telah berjasa yang memberikan bantuan material pada research saya. 

Sebenarnya masih banyak pengalaman lain yang menjadikan saya orang tak berdaya gegara conversation Bahasa Inggris. Karena itu, saya selalu menganggap Bahasa Inggris adalah momok menyebalkan. Walau berupaya mencari alasan pembenaran bahwa saya memang lemah di bidang verbal. Terbukti sudah 10 tahun di Jawa saya masih sulit melafazkan Bahasa jawa. Padahal suami orang Jawa tulen, tetap saja conversation Bahasa Jawa saya wuelek.

Namun, apakah kalian tahu? semua itu berubah setelah saya piknik ke Desa Bahasa Borobudur. Dimana, belajar Bahasa Inggris tidak seperti yang saya bayangan. Tiga kata yang tepat untuk mengungkapkan metode belajar disana yaitu Mudah, Cepat dan Menyenangkan.

Niatnya mau narsis, jadinya begini *dok. periukbelanga.com

Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah
Bagaimana tidak mudah? Metode pembelajaran di Desa Bahasa Borobudur 98% praktek dan 2% teori. Seperti kita ketahui dibangku sekolah metode belajar Bahasa Inggris masih klasik. Penekanan tertuju hanya pada serapan teori semata. Sehingga pembelajar seperti anak-anak mudah merasakan kejenuhan bahkan phobia terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris. Lo kok bisa phobia? Iya bisa donk, mereka dituntut wajib belajar Bahasa asing dengan aturan-aturan yang masih asing pula. Sedangkan mereka baru mengenalnya saat di sekolah. Tidak masuk hitungan bagi mereka yang sudah mengenal dari lingkup keluarga.


Lomba Bakiak Full Speaking English
*Dok. periukbelanga.com
Selain itu, kemampuan untuk menguasai Bahasa Inggris membutuhkan pengetahuan mengenai tenses, grammar dan vocabulary. Hal ini, akan semakin membuat jenuh jika disampaikan secara teori. Berbeda di Desa Bahasa Borobudur, disana cara  penyampaiannya tidak menggunakan rumus-rumus yang biasa kita temui. Akan tetapi, menggunakan metode yang lebih fresh. 100 macam metode baru sudah diterapkan pada 1.500 siswa dalam menguasai Bahasa Inggris secara aktif. Kerennya lagi, semua metode tersebut sudah mendapatkan sertifikat hak cipta dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Mr. Hani Sutrisno selaku Founder Desa Bahasa Borobudur menjamin metode tersebut akan membuat belajar Bahasa Inggris menjadi lebih mudah, cepat, dan menyenangkan bagi siapa pun. Baik anak-anak, remaja, mahasiswa, karyawan maupun orang tua.

Cas cis cus cuma 6 hari disini  
*dok. periukbelanga.com

Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat
Pertama kali mendengar program liburan 6 hari lancar Bahasa Inggris Aktif. Jujur saya tidak percaya. Dalam benak, “Masak sih, hanya 6 hari. Aku dari SD khursus Bahasa Inggris  masih begini-begini aja”. Dan you know, you know. Woww, ternyata dugaan saya salah. Saya sudah membuktikan saat perjalanan piknik bersama teman-teman di komunitas IIDN dan Blogger Gandjel Rel Semarang minggu lalu ke Desa Bahasa Borobudur di Magelang. Kurang dari satu jam saya bisa hapal 16 tenses yang sudah terlupakan. Saat itu, Abdul tentor muda yang baru lulus SMA mendampingi kami praktek menghapal tenses dengan gerakan tangan dan instruksi menggunakan suara.

Oia sudah pada tahu belum, program liburan 6 hari lancar cas cis cus Bahasa Inggris? Kalau mau lebih tahu baca disini. Atau kalau mau praktek sendiri bisa baca bukunya saja. Dijamin tidak akan rugi deh. Sebenarnya, program belajar di Desa Bahasa Borobudur tidak itu saja. Program regular dan program  special ramadhan juga tersedia disana.

Karena saking serunya metode belajar. Para bocil yang menontonpun  sampai melongo
*Dok. Periukbelanga.com

Belajar Bahasa Inggris itu Menyenangkan
Bagi saya piknik sehari disana masih merasa kurang. Karena saking asyik dan menyenangkan aktivitas disana. Ditambah, lingkungan yang masih natural khas desa dan rerimbunan pohon turut meneduhkan suasana sehingga membuat siapapun betah disana. Saat pertama kami sampai di Desa Bahasa Borobudur, kesan pertama sudah mengoda. Kami disambut ramah di depan pintu masuk Kedai Desa Bahasa. Kemudian excited melewati labirin mini, terutama anak saya. Tidak hanya itu, kami semakin semuringah disambut dengan lantunan musik angklung yang dibawakan oleh para remaja setempat.

Pembelajaran dengan gerakan tangan (Buku 6 Hari Lancar Cas Cis Cus)
*dok. periukbelanga.com

Asli 98% Belajar Secara Praktek (Buku 6 Hari Lancar Cas Cis Cus)
*dok. periukbelanga.com
Hal menyenangkan lainnya, saat pemebelajaran  outdoor dan lomba bakiak. Capek sih bagi emak seperti saya, tapi serunya itu loh. Padahal hanya sehari, saya malah ketagihan, apalagi kalau 6 hari. Mau saya kasi bocoran apa saja aktifitas selama 6 hari disana di Desa Bahasa?, kita akan belajar super intensive dengan 98% adalah praktek. Wajib daily conversation, jika tidak akan ada punishmen. Hunting Turis di Candi Borobudur. Outbond , bermain bakiak dan Rafting. Bermain sambil belajar di sungai juga ada lo. Memberi makan sapi dengan rumput sambil berbicara Bahasa Inggris, ini nih cocok banget buat saya yang pemalu dan kuatir ditertawain. Dijamin sapi nggak bakalan menertawakan haha. selain itu, Wisata ke pembuatan gerabah dan terakhir garansi seumur hidup.

Testimoni Para Tokoh di Buku 6 Hari Lancar Cas Cis Cus
*Dok. periukbelanga.com
Oh iya, kunjungan kami juga merupakan momen launching buku terbaru Mr. Hani 6 hari lancar cas cis cus Bahasa Inggris yang diterbitkan oleh Indonesia Tera. Hadir juga perwakilan dari Indonesia Tera yaitu Mas Tepe. Tidak hanya itu buku Mr. Hani yang telah diterbitkan Indonesia Tera. Masih ada jejeran buku best seller dan keren karya Mr. Hani yang telah diterbitkan Indonesia Tera. Apakah hal yang paling membahagiakan saat lauching buku 6 hari lancar cas cis cus Bahasa Inggris? Yupp, kami dibagikan gratis buku 6 hari lancar cas cis cus Bahasa Inggris ini. Alhamdulillah. Yeyeye geratis-geratis aku senang *ala dora. 

Alhamdulillah ya happy ending

Wassalam ^^

Keceriaan Anggota IIDN dan Blogger GR *Dok Mara